Right Issue Adalah Tawaran Menggiurkan Bagi Investor

bagikan posting ini:

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Right Issue adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para investor karena dapat memberikan return /keuntungan yang tinggi. Apa itu Right Issue? Ketika Anda membeli saham dari suatu perusahaan, maka secara otomatis Anda memiliki hak kepemilikan perusahaan tersebut sesuai dengan persentase saham yang Anda miliki sehingga Anda berhak untuk mengikuti berbagai aksi korporasi yang akan dilakukan. Lalu, apa pengertian Right Issue?

Suatu perusahaan berhak melakukan suatu aksi korporasi untuk menerbitkan saham baru. Aksi korporasi merupakan kebijakan yang diambil oleh suatu perusahaan dengan tujuan memperbaiki performa dalam jangka pendek atau panjang. Lalu perusahaan yang melakukan aksi ini harus memberitahukan pada seluruh pemilik saham. Ini karena aksi korporasi dapat mempengaruhi komposisi kepemilikan sekuritas sehingga para investor harus menganalisis dampaknya untuk membuat keputusan yang tepat.

Lebih jelasnya, arti Right Issue merujuk pada istilah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Saat suatu perusahaan ingin menambah total modal, mereka akan menerbitkan HMETD pada seluruh pemegang saham. Bisa dibilang, HMETD atau Right Issue adalah tawaran khusus bagi para investor untuk membeli saham baru. Namun Right Issue bukan merupakan kewajiban, melainkan hanya bersifat sebagai hak. Jadi, Anda dapat memilih untuk menolak atau menerima tawaran untuk menebus saham baru.

Sebelum pelaksanaannya, perusahaan akan mengumumkan jadwal terbitnya Right Issue. Anda perlu mengetahui dua tanggal yang dijadwalkan pada pengumuman. Disini tanggal yang dimaksud adalah periode cum right yang berarti waktu atau tanggal yang menunjukkan bahwa sampai dengan tanggal tersebut perdagangan atas suatu saham masih mengandung atau memiliki hak dividen. Anda akan masuk dalam kategori pemegang saham lama jika memiliki saham perusahaan sebelum periode tersebut. Sedangkan ex right merupakan tanggal yang menunjukkan bahwa perdagangan saham yang dilakukan pada hari itu tidak lagi mengandung hak bagi pemegang saham.  Tetapi, jika Anda baru memiliki saham saat periode tersebut atau setelahnya, maka Anda tidak memiliki hak atas tawaran HMETD karena dianggap sebagai investor baru.

Mengapa Right Issue Diterbitkan?

Right Issue adalah aksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengumpulkan dana sebagai tambahan modal dari para investor. Ada berbagai alasan yang mendasari suatu perusahaan mengeluarkan HMETD. Berikut di antaranya:

Mengalami defisit atau kesulitan keuangan

Apabila suatu perusahaan mengalami defisit dan telah berhutang kepada bank, maka mereka tidak dapat menggunakan metode pinjaman melalui bank untuk menutupi kekurangan tersebut. Oleh sebab itu perusahaan akan menerbitkan HMETD untuk menawarkan saham dengan harga yang lebih murah pada investor lama.

Ingin melakukan ekspansi dan meningkatkan likuiditas perdagangan saham

Perusahaan dengan neraca keuangan yang bersih pun biasanya perlu untuk menambah modal guna melakukan ekspansi usaha dalam kurun waktu yang lebih cepat. Hak ini dinilai sangat mudah dan tepat untuk menambah modal.

Dengan adanya hak memesan efek bagi para pemegang saham, mereka dapat mempertahankan proporsi kepemilikan perusahaan. Jadi, dengan adanya hak efek, kapitalisasi pasar saham perusahaan akan meningkat menjadi jumlah yang lebih kecil dari persentase lembar saham yang beredar.

Keuntungan dan Kelebihan Diterbitkannya Right Issue

berjabat tangan selama pertemuan bisnis

Keuntungan

  • Cara yang ekonomis dan efektif untuk meningkatkan modal. Daripada meminjam modal dari bank atau lembaga lainnya, sebuah perusahaan lebih memilih menerbitkan HMETD karena dinilai efektif.
  • Meningkatkan kepercayaan para pemegang saham. Manfaat ini sama seperti halnya ketika seorang konsumen mendapatkan kepuasan ekstra karena diperlakukan istimewa oleh perusahaan dengan memberikan insentif harga saat penerbitan saham yang lebih murah daripada membeli di Bursa Efek Indonesia.
  • Karena Right Issue adalah hak dan bukan kewajiban, maka tidak terdapat paksaan. Sederhananya, ini memberikan fleksibilitas bagi pemegang saham untuk membeli atau tidak ikut berpartisipasi dalam penawaran HMETD.

Kerugian

  • Penggunaan dana yang tidak semestinya. Tak jarang ditemukan kasus perusahaan yang menyalahgunakan dana yang terhimpun sehingga pada akhirnya berdampak buruk pada harga lembar saham.
  • Tidak ada jaminan keuntungan. Ada jeda waktu antara pengumuman Right Issue. Apabila dalam periode tersebut harga saham justru menurun, maka tidak terdapat jaminan bagi Anda untuk mendapatkan return/keuntungan.
  • Dilusi kepemilikan saham. Apabila Anda tidak melakukan pembelian, secara otomatis persentase kepemilikan Anda terhadap perusahaan akan berkurang.

Pengumuman diterbitkannya Right Issue akan mengakibatkan terjadinya perubahan harga saham. Harga lembar saham yang ditawarkan pada investor lama saat penerbitan HMETD akan lebih murah atau sering disebut harga diskon. Ini dimaksudkan sebagai penghargaan bagi para investor lama karena keberadaan mereka merupakan elemen penting dalam perusahaan. Setelah Anda mengetahui apa itu Right Issue, pahami pula rasio pembelian yang ditentukan oleh perusahaan.

Rasio saham baru yang ditawarkan pun bergantung pada jumlah saham yang dimiliki sebelumnya. Para pemegang saham dapat memanfaatkan pelaksanaan HMETD guna meningkatkan nilai investasi mereka. Misalnya, sebuah perusahaan menetapkan rasio 1 : 2 ketika Right Issue, maka para investor lama yang memiliki 1.000 lembar saham sebelumnya berhak untuk memesan efek 2.000 lembar saham. Rasio ini berbeda di setiap perusahaan. Setelah Anda menerima pengumuman penerbitan hak efek, ada tiga opsi yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Menerima Right Issue dan membeli seluruh saham yang ditawarkan.
  2. Mengabaikan dan tidak melakukan pembelian. Apabila Anda tidak memiliki cukup dana atau tidak tertarik, Anda dapat mengabaikannya.
  3. Menjual atau menawarkan pada investor lain. Dalam beberapa kasus, saham yang ditawarkan dapat dijual kembali atau ditawarkan pada investor lain.

Apakah Right Issue Akan Berpengaruh pada EPS (Earning Per Share)?

Ini tergantung pada seberapa baik suatu perusahaan memanfaatkan dan mengatur dana yang diperoleh dari hak efek. Contohnya seperti ini, sebelum Right Issue, PT. A memiliki 100 juta saham. Jumlah tersebut menghasilkan pendapatan tahunan sebesar 50 juta rupiah. Dengan demikian, PT. A menghasilkan 0,50 rupiah untuk per EPS. Kemudian, setelah Right Issue, PT. A meningkatkan jumlah sahamnya menjadi 130 juta saham, namun tetap menghasilkan 50 juta rupiah setiap tahunnya. Maka perhitungan nilai per EPS yang baru yaitu 50 juta rupiah dibagi 130 juta saham, sehingga hasilnya adalah 0,385 rupiah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa nilai EPS yang didapatkan setelah terjadinya hak efek dipengaruhi oleh pendapatan dan jumlah saham yang diterbitkan.

Apa Yang Terjadi Jika Investor Tidak Membeli Saham Yang Ditawarkan?

perwakilan perusahaan berbicara dengan investor

Jika para investor lama tidak membeli saham yang ditawarkan, mereka dapat menawarkan haknya pada pihak lain yang ingin membeli saham perusahaan tersebut. Tetapi, hal tersebut akan berpengaruh pada konversi efek. Persentase kepemilikan saham oleh investor lama akan mengalami penurunan atau dilusi. Agar investor tidak rugi karena dilusi, maka mereka disarankan untuk membeli saham baru secara proporsional sesuai dengan rasio yang ditetapkan perusahaan.

Bagaimana Jika Pemegang Saham Tidak Memiliki Dana untuk Membelinya?

Mereka dapat menggunakan mekanisme pengalihan hak. Dengan kata lain, Right Issue atau HMETD tersebut dapat dijual pada pemegang saham lain yang berminat. Contoh Right Issue ini pernah dialami pemerintah saat menanggapi Right Issue Bank Mandiri di awal tahun 2011. Modal dari HMETD awalnya diharapkan dapat menutupi efek dilusi harga saham di pasar modal. Tetapi para pemegang saham justru harus menghadapi konsekuensi penurunan porsi kepemilikan. Akhirnya pemerintah menurunkan persentase kepemilikan dari 67% menjadi 60%.

Apa Saja Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menanggapi Right Issue?

Pada saat jadwal hak memesan efek diterbitkan, akan muncul dua jenis reaksi pada pasar modal yaitu reaksi positif dan negatif. Reaksi positif yang ditimbulkan oleh pasar dapat mendorong para pemegang saham untuk melakukan proses pembelian saham baru sehingga harga saham akan meningkat setelah diterbitkannya HMETD. Tetapi, jika reaksi yang ditimbulkan adalah negatif, maka para investor akan enggan melanjutkan pembelian dan berdampak pada merosotnya harga pasar setelah peristiwa Right Issue. Kedua reaksi tersebut dapat dilihat dari ada atau tidaknya return abnormal/keuntungan tidak normal yang signifikan di sekitar tanggal pengumuman HMETD. Meski Right Issue adalah tawaran yang menggiurkan, Anda tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

  • Pemegang saham harus mampu mengamati dengan cermat tujuan dari tambahan modal. Biasanya, perusahaan menggunakan dana dari HMETD untuk membiayai akuisisi, memperkuat neraca keuangan, atau memperbaiki struktur modal dengan kata lain mengurangi utang. Ketahui dengan pasti tujuan dari Right Issue agar Anda mendapatkan keuntungan yang sesuai.
  • Anda harus mencermati harga saham yang ditawarkan apakah wajar atau tidak sesuai. Anda dapat melakukan valuasi harga saham untuk mengetahuinya. Perlu Anda ingat, harga Right yang baik dan ideal bukanlah yang murah, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda analisa. Mulai dari nilai saham di pasar perdagangan, tujuan dari diterbitkannya HEMTD, pergolakan bursa efek, hingga penggunaan dana setelah terhimpun.
  • Perhatikan kemungkinan terjadinya dilusi. Sebaiknya, perhatikan perbedaan jumlah nominal saham baru yang akan diterbitkan dengan yang telah Anda miliki. Ketika suatu perusahaan melakukan Right Issue dengan harga saham baru yang tidak terlalu jauh dengan yang lama, ini merupakan hal yang wajar.
  • Setelah Anda tahu betul apa itu Right Issue, pastikan selalu Anda memahami informasi dan kebijakan hak. Kemudian Anda perlu mengetahui apakah aksi korporasi ini dilaksanakan sesuai dengan rasio Right/Hak yang ditetapkan.

Sumber Daya Tambahan

More To Explore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *